Selasa, 30 Agustus 2016

Harga Mobil Bekas Tetap Tinggi Jika Warna Catnya Terang

Harga Mobil Bekas Tetap Tinggi Jika Warna Catnya Terang
KabarTerbaru24.com.Jakarta-Harga Mobil Bekas Tetap Tinggi Jika Warna Catnya Terang,Rupanya, warna cat mobil juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi harga jual mobil bekas. Sebuah studi yang dilakukan situs web asal Amerika Serikat, iseecars.com, menunjukkan, saat ini justru harga mobil bekas dengan warna cat terang, seperti oranye dan kuning, tetap lebih tinggi dibanding warna cat lain.

Dikutip dari situsnya, Senin, 29 Agustus 2016, CEO iseecars.com Phong Ly mengatakan penyebab tingginya harga mobil bekas dengan warna cat terang adalah permintaan yang tinggi. "Semakin jarang warna catnya, seperti oranye, kuning, dan hijau, semakin sulit mencari barangnya di pasar," katanya.Warna-warna demikian memang jarang dipasarkan produsen mobil. iseecars.com menyebutkan populasi mobil dengan warna cat jarang itu hanya 1,5 persen dari total populasi mobil yang ada. "Tapi ini membuat permintaan konsumen terhadap mobil bekas dengan warna demikian tinggi." Maka, kata Phong, harga jual mobil-mobil ini pun ikut naik.

iseecars.com menyebutkan depresiasi harga untuk mobil berwarna oranye dalam waktu tiga tahun hanya 21,6 persen. Warna kuning 22 persen, hijau 24,5 persen, cokelat 28,5 persen, dan merah 29,1 persen.Warna-warna konvensional, seperti abu-abu dan putih, justru mengalami depresiasi harga cukup besar, yakni 29,5 persen, diikuti biru 29,9 persen, hitam 30,2 persen, dan perak 30,6 persen.

Jika dirata-ratakan dari seluruh warna, harga mobil bekas berusia tiga tahun akan turun 29,8 persen. "Faktor lain yang menentukan rendahnya depresiasi harga selain warna yang jarang adalah jarak tempuh (indikator pemakaian pada odometer) yang juga masih rendah."Biasanya, Phong menambahkan, warna-warna jarang, seperti oranye dan hijau, dipakai pada mobil-mobil di segmen premium atau sport yang memang jarang dipakai pemiliknya. Studi iseecars.com ini dilakukan terhadap 1,6 juta mobil bekas berusia 3 tahun yang dijual pada Juni dan Juli tahun ini di Amerika Serikat.

Meski bukan di Indonesia, mungkin kajian mereka ini bisa menjadi patokan buat Anda yang sedang mencari mobil. Apalagi saat ini sejumlah produsen otomotif di Tanah Air sudah berani mengeluarkan varian warna mencolok untuk model-model kendaraan penumpangnya.Sebagai contoh, Toyota Sienta, yang berwarna oranye; Honda Jazz RS, yang berwarna baru kuning terang; atau Nissan X-Trail, yang punya pilihan kelir perunggu. Jadi jangan ragu memilih warna ngejreng.



Source       : otomotif.tempo.co

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon