Minggu, 04 September 2016

Menghemat data dengan Google "Lite Mode"

Menghemat data dengan Google "Lite Mode"
KabarTerbaru24.com-Menghemat data dengan Google "Lite Mode",Tingginya tingkat pertumbuhan pengguna internet dan, tentu saja, jumlah penduduk yang banyak, membuat Indonesia adalah pasar yang menggiurkan bagi perusahaan-perusahaan teknologi di dunia.

Meski demikian, bertambahnya jumlah pengguna belum sejalan dengan perbaikan teknologi untuk mengakses konten-konten di dunia maya. Kecepatan internet di Tanah Air, menurut hasil penelitian Akamai Technology, memang naik dua kali lipat pada akhir tahun lalu, tetapi belum merata di wilayah Nusantara nan luas ini.

Vice President Product Management YouTube Johanna Wright menjelaskan bahwa saat ini ada 100 juta pengguna internet di Indonesia."Dari angka tersebut, sekitar 40 juta pengguna internet di antaranya masih menggunakan jaringan 2G," papar Wright dalam acara Google For Indonesia atau Google4ID yang diadakan di Ballroom Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Selasa (9/8/2016).

Menyadari hal itu, raksasa teknologi dunia, Google pun memperkenalkan fitur teranyar di Google Search, yaitu mode ringan (lite mode) untuk negara-negara dengan kecepatan rata-rata jaringan internetnya relatif lemah, seperti di Indonesia. Sebelumnya fitur ini diperkenalkan Google di India.

Google berharap fitur ini dapat memfasilitasi pengguna internet dengan jaringan 2G untuk ikut menggunakan layanan perusahaan teknologi tersebut.Menggunakan mode ringan, pengakses bisa mengakses hasil pencarian di Google Search lima kali lebih cepat dan hemat data hingga 90 persen.

Selain itu, Google juga memberikan sebuah fitur baru yang bisa menampilkan pemberitahuan bagi pengguna di saat kehilangan koneksi.Dengan fitur Notifikasi Pencarian ini, Google Search akan menyimpan query (sejarah pencarian) dan memulai kembali pencarian tersebut saat pengguna telah tersambung ke internet.Sementara itu di saat melakukan pencarian, pengguna akan mendapatkan detail informasi mengenai kata kunci (keyword) yang sedang dicari melalui fitur Kartu Pengetahuan (Knowledge Card).

Sebagai contoh, saat melakukan pencarian tentang skor dan jadwal turnamen olahraga, saat ini Anda bisa melihat skor dan perjalanan atlet Indonesia di Olimpiade langsung dari Google. Kemampuan ini akan dikembangkan lebih lanjut untuk pertandingan olahraga lain ke depannya, seperti sepak bola.



Sumber     :  beritagar.id

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon