Kamis, 01 September 2016

Tips Sukses Jualan Hewan Qurban,Meski musiman, tetap saja menguntungkan.

Tips Sukses Jualan Hewan Qurban
KabarTerbaru24.com-Tips Sukses Jualan Hewan Qurban,Hari Raya Idul Adha akan segera tiba, di mana dalam perayaan tersebut akan selalu identik dengan hewan kurban. Bagi sebagian peternak, ini menjadi sebuah momen yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Sebab, bukan hanya permintaan saja yang sangat tinggi, namun harga jual yang mereka dapatkan juga berbanding lurus dengan hal tersebut.Sehingga sangat wajar jika mereka secara khusus memang menyiapkan persediaan untuk memenuhi permintaan pasar yang terbilang paling besar setiap tahunnya itu.Peluang pasar hewan kurban yang sangat bagus pada momen Lebaran Idul Adha. Jika Anda berminat, maka ini bisa jadi waktu yang paling tepat bagi Anda untuk memulai sebuah bisnis musiman yang baru. 

Meski terbilang bisnis musiman, namun bukan berarti Anda tidak bisa melanjutkannya pada waktu-waktu lainnya di luar Lebaran Idul Adha, sebab pada dasarnya hewan kurban juga banyak dicari di waktu lainnya, seperti pada acara aqiqah anak, pernikahan, dan acara besar lainnya.Sebelum memulai bisnis hewan kurban, maka Anda harus memiliki beberapa pengetahuan dan juga persiapan terlebih dahulu. Simak beberapa strategi di bawah ini, yang bisa Anda gunakan untuk sukses dalam bisnis tersebut:

1. Pahami secara detail mengenai hewan kurban 

Saat akan memulai sebuah bisnis, maka Anda wajib mengenali dan mengetahui dengan jelas segala sesuatu tentang produk yang akan Anda jual, hal ini juga berlaku ketika Anda akan berbisnis hewan kurban.Pastikan Anda memahami dan mengetahui secara detail mengenai ketentuan dan juga aturan terkait dengan hewan-hewan tersebut, misalnya, hewan kurban yang layak secara fisik dan memenuhi syarat yang ditentukan, usia hewan tersebut, dan berbagai ketentuan wajib lainnya yang memang harus dipenuhi ketika memilih seekor hewan kurban.

2. Pemilihan jenis hewan kurban

Ini terkait dengan pasar yang akan Anda sasar dalam bisnis hewan kurban tersebut, di mana Anda bisa menyesuaikan jenis hewan yang paling mungkin banyak dan bisa terjual dengan mudah.Selain hal tersebut, ini juga akan berkaitan dengan jumlah modal usaha yang Anda miliki, sebab jika Anda memilih bisnis hewan kurban sapi, maka Anda akan membutuhkan modal yang jauh lebih besar dibandingkan dengan bisnis hewan kurban kambing.Anda bisa memilih salah satu jenis hewan tersebut, atau anda juga bisa mencampur kedua jenis hewan tersebut dalam bisnis yang akan Anda jalankan.

3. Siapkan dan lakukan persediaan sejak awal

Jika Anda benar-benar telah matang untuk menjalankan bisnis hewan kurban, maka akan sangat tepat untuk mempersiapkannya sejak jauh-jauh hari. Lakukan pembelian dan buat persediaan sejak jauh-jauh hari, sehingga Anda akan mendapatkan harga terbaik.Membeli dan membuat persediaan hewan kurban sejak awal, akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan ketika Anda membelinya ketika mendekati hari H,Namun, dalam hal ini, Anda juga perlu mempersiapkan tempat penampungan/kandang sementara bagi hewan-hewan tersebut, termasuk menyediakan pakan dan juga perawatan yang baik selama dalam masa tersebut.

4. Beli langsung dari peternak

Ada baiknya Anda membeli langsung hewan-hewan kurban tersebut dari peternaknya, sehingga Anda bisa mendapatkan harga yang sangat kompetitif dan sesuai dengan pasaran. Jika anda membelinya dari pengepul, maka besar kemungkinan Anda tidak akan mendapatkan keuntungan yang maksimal, sebab sudah bisa dipastikan bahwa pengepul juga akan mengambil sejumlah keuntungan dari kegiatan tersebut.

5. Miliki teknik penjualan terbaik

Pada akhirnya yang paling menentukan keberhasilan Anda dalam bisnis ini adalah teknik yang Anda gunakan dalam berjualan. Ini mungkin akan terasa sedikit sulit, terutama bagi Anda pebisnis pemula. Namun Anda tetap bisa mempelajarinya sedikit demi sedikit, hingga akhirnya bisa menguasainya dengan sangat baik.

6. Lakukan promosi yang tepat

Langkah promosi yang tepat juga akan sangat membantu Anda dalam menjalankan bisnis hewan kurban ini. Jika Anda menemukan sarana promosi yang baik dan sesuai, maka angka penjualan juga bisa dicapai dengan baik pula.Jangan pernah ragu untuk memulai sebuah promosi sebagai langkah awal dalam penjualan yang akan anda lakukan, ini bisa mendukung Anda mendapatkan sejumlah keuntungan yang maksimal dari bisnis tersebut.

Gunakan kesempatan dan momen yang tepat

Lebaran Idul Adha tentu akan selalu identik dengan hewan kurban, dan Anda bisa memanfaatkan momen tersebut untuk memulai bisnis hewan kurban yang cukup menjanjikan. Pahami dengan jelas ketentuan hewan kurban dan juga seluk-beluk bisnis tersebut dengan baik, sehingga Anda bisa menggunakan kesempatan Lebaran Idul Adha ini untuk meraih keuntungan yang maksimal dari bisnis hewan kurban.



Sumber     :   Viva.co.id





Artikel Terkait


EmoticonEmoticon