Minggu, 23 Oktober 2016

WOOW...!!! Banyak yang Kena Kanker Payudara Sebelum Menopause, Ini Sebabnya

Banyak yang Kena Kanker Payudara Sebelum Menopause, Ini Sebabnya

KabarTerbaru24.com-Shanghai, Bicara tentang kanker payudara, faktor genetik atau usia sudah tak bisa dijadikan penentu utama, khususnya di Asia. Terbukti dari hasil riset yang dilakukan di sejumlah negara di Asia Timur dan Asia Tenggara, jumlah pasien kanker payudara muda di kedua kawasan ini dilaporkan lebih tinggi daripada di Amerika Serikat (AS).

Seperti kita tahu, risiko kanker payudara di masa lalu lebih banyak menghantui para wanita yang sudah memasuki masa menopause. Akan tetapi di Asia juga terjadi kenaikan jumlah pasien kanker payudara di rentang usia 30-39 tahun (National Cancer Centre Singapore), yang kemudian disebut sebagai 'premenopausal breast cancer'.

Lantas apa sebabnya? "Kami tidak tahu penyebab pastinya," tandas Dr Yoon Sim Yap dari National Cancer Centre Singapore, saat ditemui usai acara Novartis Oncology 'Transforming Cancer Care in Asia' di Novartis Institute for BioMedical Research, Shanghai, Selasa (18/10/2016).

Namun ia menduga, salah satunya karena wanita di masa lalu belum merasakan westernisasi gaya hidup seperti halnya yang dialami wanita masa kini."Berbeda dengan wanita masa kini, selain pola makan, mereka juga tidak seaktif wanita masa dulu. Faktor seperti orang tua atau nenek yang rata-rata punya anak di usia yang lebih muda juga pengaruh," terangnya.Dr Yap menambahkan, gambaran ini menunjukkan pentingnya deteksi dini. Dengan upaya ini, seseorang bisa diketahui mengidap kanker subtipe apa dan menentukan pengobatan mana yang tepat serta dibutuhkan.


"Subtipe ini mempengaruhi pengobatannya. Semisal untuk subtipe luminal, mereka bisa diberi terapi anti-hormon dan juga kemoterapi. Kami memang tidak memberikannya bersamaan, tapi jika anti-hormonnya tidak bekerja, ya kita bisa ganti dengan kemoterapi," terangnya.

Contoh lain adalah triple negative yang hanya bisa diberi kemoterapi untuk pengobatan. Menurutnya, terapi ini juga belum tentu efektif, sehingga pengobatan baru akan selalu dibutuhkan untuk disesuaikan dengan perkembangan kanker masing-masing pasien, semisal dengan terapi kombinasi (menggabungkan dua terapi pengobatan secara bersamaan).

Demikianlah informasi tentang : Banyak yang Kena Kanker Payudara Sebelum Menopause, Ini Sebabnya,Semoga menambah wawasan dan pengetahuan anda.silahkan berkunjung juga ke hampirdilindas.blogspot.com untuk mengetahui informasi terkini,terimakasih sudah berkunjung ke blog ini dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Baca Juga :  WOW...!! Kisah Cinta Yang Mengharukan Bayu Kumbara dan Jennifer Brocklehurst

Sumber     :  health.detik.com


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon