Senin, 12 Desember 2016

WOOW..!! Ini Putusan Kejaksaan Agung Soal Kasus Ahok

Ini Putusan Kejaksaan Agung Soal Kasus Ahok
Ini Putusan Kejaksaan Agung Soal Kasus Ahok

Ini Putusan Kejaksaan Agung Soal Kasus Ahok - Berkas kasus dugaan penistaan agama dengan tersangka ‎Basuki Tjahaja Purnama alias AHOK sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Agung (Kejagung). Dan, hari ini Kamis (1/12/2016) sudah memasuki tahap dua.

Dalam pelimpahan berkas tahap dua itu, Ahok hadir di Kejagung. Kuasa ‎hukum Ahok, Sirra Prayuna mengatakan bahwa kliennya langsung dicecar oleh jaksa. Ada dua hal pokok yang ditanyakan jaksa ke Ahok. "Pertama untuk memastikan dengan cara memverifikasi secara faktual, baik terhadap dirinya maupun berkas perkara berupa barang bukti apa saja yang disampaikan penyidik ke penuntut umum," kata Sirra di depan gedung Jaksa Muda Pidana Umum (Jampidum) Kejagung.

Jaksa juga mengklarifikasi kesesuaian identitas AHOK dengan berkas penyidikan dari Bareskrim Polri. “Memastikan identitas apakah benar namanya BTP sesuai identitas, foto, umur, tempat tanggal lahir, dan kerjanya," tambah dia.

Kedua, lanjut dia, jaksa juga memastikan apakah AHOK benar diduga dengan Pasal 156 dan 156a tentang Tindak Pidana Penistaan Agama. Menurutnya, Ahok sempat menjelaskan peristiwa penistaan agama yang dituduhkan padanya ke JPU.

Pihak Kejaksaan Agung pun akhirnya memutuskan untuk tidak menahan Basuki Tjahaja Purnama dalam proses tahap dua penyerahan barang bukti dan tersangka oleh Bareskrim Polri. Menurut Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung M.Rum, alasan tidak ditahannya AHOK merujuk pada keputusan Bareskrim Polri yang membebaskan Ahok.

"Memang terhadap tersangka ini tidak dilakukan penahanannya. Alasannya pertama, penyidik sudah melakukan pencegahan (cekal). Sesuai SOP di kami, kalau penyidik tidak menahan, maka kami juga tidak," kata Rum di Kejagung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis.

Kedua, lanjut dia, karena alasan subjektif dan objektif. JPU melihat AHOK termasuk orang yang patuh hukum, sehingga Kejagung tidak menahannya. "Pendapat peneliti menyatakan bahwa tidak dilakukan penahanan. Tersangka juga selalu kooperatif," terang dia.

Sementara itu, mengenai barang bukti yang diserahkan pihak kepolisian terkait kasus penodaan agama sebanyak 51 item. Dia berjanji, kejaksaan akan mempercepat penyusunan surat dakwaan sehingga segera disidangkan.

Surat dakwaan nanti disusun jaksa penuntut umum dari Kejaksaan Negeri Jakarta Utara. Yang pasti segera dilimpahkan ke pengadilan. Bisa nanti, bisa besok, bisa seminggu," pungkasnya.

Demikianlah informasi tentang : Ini Putusan Kejaksaan Agung Soal Kasus Ahok.Semoga menambah wawasan dan pengetahuan anda.Silahkan kunjungi juga hampirdilindas.blogspot.com untuk mendapatkan informasi berita islam terkini.Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya yah..silahkan share dan like yah.


Sumber      : posmetro.co


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon